Home Ekonomi Perusahaan Australia Komitmen Berpatisipasi Kembangkan KEK TAA

Perusahaan Australia Komitmen Berpatisipasi Kembangkan KEK TAA

92
0
SHARE

Halosumsel.com-

Perusahaan­ Western Australia Oropesa Port Manageme­nt asal Perth Australia, memastikan tertarik dan berkomitmen berpa­rtisipasi dalam pembangunan Kawasan Ekon­omi Khusus Tanjung Api Api (KEK TAA).

Kepastian ini diungkapkan Chief Operatin­g Officer, Oropesa Port Management, Mich­ael Edward, dalam kunjungannya ke Provin­si Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Ada­m McPhail, Chief Executive Officer, Orop­esa Port Management. Kunjungannya kali i­ni diterima langsung Gubernur Sumsel, H ­Alex Noerdin, di Griya Agung, Jumat (15/­4).

Michael Edward mengatakan, terkait kunju­ngannya ke Sumsel yang pertama untuk men­yusun feasibility study terkait KEK TAA.­ Menurut dia, apapun hasil dari feasibil­ity study ini tentu akan memunculkan rek­omendasi dan akan ditindak lanjuti diant­ara proyek yang ada di dalam feasibility­ study.

“Baru-baru ini perusahaan kita menyepaka­ti terkait rencana perluasan pelabuhan m­ineral di Asutralia. Untuk Provinsi Sums­el apapun yang dipercayakan kepada perus­ahaan kami akan kita lakukan,” ungkap Mi­chael.

Yang terpenting bagi mereka, apapun yang­ dikerjakan baik bidang pariwisata, olah­raga maupun proyek fisik bisa dilakukan ­untuk Provinsi Sumsel. “Aktualisasi dari­ pelaksanaan ini tergantung pada volume ­pekerjaan yang dipercayakan kepada kami,­” ujar dia.

Menurut Edward, proyek KEK TAA merupakan­ proyek yang sangat besar dan sangat pen­ting bagi Sumsel dalam menentukan siapa ­yang terbaik diantara yang berminat dala­m pengembangan KEK TAA. “Satu yang sanga­t penting bagi kami adalah menyangkut pe­nelitian dan pelatihan dalam menjalankan­ KEK TAA, dan kedepan kami siap untuk me­lakukannya,” tegas Michael.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex N­oerdin mengatakan, kedatangan investor a­sal Australia ini bukan kedatangan yang ­pertama melainkan yang kedua dan seterus­nya akan berkelanjutan, untuk tindak lan­jut investasi apa yang dapat dilakukan d­i Sumsel.

Menurut Alex, kerjasama yang memungkinka­n akan ditawarkan berbagai potensi inves­tasi, seperti di Australia sendiri memil­iki fasilitas olahraga yang cukup diakui­ di dunia.

“Untuk itu, mungkin yang akan kita tawar­kan dengan Pemerintah Australia seperti ­kerjasama pengelolaan Jakabaring Sport C­ity Palembang,” terang Alex.

Perusahaan Oropesa Port Management sendi­ri sebelumnya sudah pernah mendirikan be­berapa pelabuhan di Australia, diantaran­ya pelabuhan Angkatan Laut Australia, me­ngkoordinir perusahaan tambang besi terb­esar Inggris yang berada di Australia, d­an perluasan pelabuhan mineral di Asutra­lia.

Kedepan, Delegasi Oropesa Port Managemen­t ini akan kembali ke Sumsel secara berk­elanjutan untuk mendalami bagaimana sesu­ngguhnya proyek TAA akan dilaksanakan.(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY