Home Banyuasin Harga Karet Kian Menurun, Petani Cari Penghasilan Tambahan

Harga Karet Kian Menurun, Petani Cari Penghasilan Tambahan

87
0
SHARE

Banyuasin Halosumsel-

Harga getah karet sepekan terakhir kian menurun dari harga semula Rp 7000/kg turun menjadi Rp 6000 /kg, dan harga eceran kisaran 5000 ribu hingga 4000 ribu, membuat petani harus mencari solusi untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Pikri (35) pengurus kelompok tani karet, di wilayah Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin Sabtu (1/12/2018). menuturkan kondisi petani karet akibat terus menurunnya harga getah karet beberapa pekan terakhir.

“Sejak sepekan terakhir harga getah karet yang ditimbang seminggu sekali turun terus, lagi cuaca kurang mendukung,” keluhnya.

Karet merupakan mata pencaharian utama bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah Kecamatan Banyuasin III, bahkan hampir semua masyarakat Kabupaten Banyuasin memiliki mata pencaharian dari berkebun karet.

Kecenderungan harga karet yang terus merosot turun ini menjadi dilema bagi petani karet, kalau tidak menyadap maka dapur tidak bisa mengepul, menyadapun terasa enggan lantaran harganya benar-benar tidak seimbang dengan harga kebutuhan pokok yang harus dibeli.

Hal ini membuat sebagian petani karet untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari harus mencari solusi lain, yaitu menjadi buru serabutan atau tebas kebun.

“Kerja apapun yang penting bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, kalau hanya mengandalkan getah karet tidak berasap dapur, belum lagi kebutuhan anak sekolah, wah bisa stress bro,” Ungkap Damset.(Ti)

LEAVE A REPLY