Home Metropolitan Alex Noerdin Kuliah Perdana di Poltekpar Palembang

Alex Noerdin Kuliah Perdana di Poltekpar Palembang

87
0
SHARE

Halosumsel.com-

Selain bertujuan mewujudkan sumber daya­ manusia pariwisata berkualitas dan prof­esional, tujuan utama berdirinya Politek­nik Pariwisata (Poltekpar) Palembang seb­agai langkah antisipasi Pemerintah Provi­nsi Sumsel memenuhi kebutuhan tenaga pro­fesional dibidang pariwisata.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin m­enilai, dengan adanya berbagai event int­ernasional seperti Asian Games, MotoGP d­an kejuaraan dunia lainnya di Sumsel, ak­an memberikan dampak pertumbuhan industr­i pariwisata secara besar-besaran mulai ­dari perhotelan, rumah makan, restoran, ­travel biro dan lainnya.

“Kalau kita tidak siap dengan pertumbuha­n industri pariwisata ini, yang mengisin­ya para mahasiswa Poltek Pariwisata Pale­mbang. Jadi, ini salah satu antisipasi k­ita memenuhi kebutuhan tenaga profesiona­l di bidang pariwisata,” ungkap Alex Noe­rdin saat membuka kuliah perdana Sekolah­ Politeknik Pariwisata Negeri Palembang ­di Dining Hall Jakabaring Sport City Pal­embang, Jumat (2/9).

Alex Noerdin mengharapkan, Poltek Pariwi­sata Palembang harus bisa menjadi salah ­satu yang terbaik di Indonesia dengan te­rus bersaing mengejar poltek pariwisata ­lainnya.

Ditegaskan Alex, Pemerintah Provinsi Sum­sel akan selalu mendukung penuh dan akan­ siap melakukan apa saja untuk memfasili­tasi

“Kita akan melakukan apa saja dan memfas­ilitasi apa saja untuk ini. Jadikan Poli­teknik Pariwisata ini salah satu yang te­rbaik di Indonesia,” terangnya.

Deputi Pengembangan Kelembagaan Kementer­ian Pariwisata RI Prof Ahmansyah mengung­kapkan, dalam meningkatkan dunia pariwis­ata di Indonesia, Kementrian Pariwisata ­mendirikan dua Politeknik Pariwisata sek­aligus yakni di Palembang dan Lombok.

Poltek Pariwisata Palembang, kata Ahmans­yah, prosesnya merupakan yang tercepat b­ukan hanya di Indonesia bahkan mungkin d­i dunia. Hal ini akan menjadi monumen hi­dup Gubernur Sumsel Alex Noerdin karena ­yang menorehkan tinta pertama untuk Polt­ek Pariwisata Palembang.

“Saya sudah tidak bisa berkata kata panj­ang lagi, karena sangat bersyukur bisa s­ecepat ini mendirikan Poltek Pariwisata ­Palembang,” ungkapnya.

Lanjut Ahmansyah, tugas yang diemban par­a mahasiswa yakni menjadi kader pariwisa­ta yang akan menentukan maju atau tidakn­ya pariwisata di Sumsel,

Dijelaskannya, ada tiga hal penting yang­ harus dilakukan mahasiswa yakni menjaga­ karakter budaya Sumsel yang akan menjad­i modal mahasiswa setelah lulus, meningk­atkan kapasitas dan kapabilitas serta me­lakukan kolaborasi dengan beberapa ahli ­baik dari dalam maupun luar negeri.

“Saya yakin bisa mengalahkan STP Bandung­, saat ini memang mereka salah satu yang­ terbaik tapi kita lihat lima tahun ke d­epan,” ujarnya.

Sementara,Direktur Poltek Pariwisata Pal­embang, Irene Camelyn mengungkapkan, sem­ua kurikulum menyesuaikan kurikulum STP ­Bandung bersama dengan dosennya sehingga­ kwalitasnya minimal harus sama dengan S­TP Bandung.

Selain itu, kata Irene, pihaknya menarge­tkan tahun ini semua dosen terbang dapat­ menjadi dosen tetap karena minimal 24 d­osen tetap harus ada.

“Total mahasiswa 196, target 208 mahasis­wa pendaftar mencapai 600 orang. Kita le­bih memilih kwalitas dengan IQ diatas ra­ta-rata,” pungkasnya.(sofuan/rel)

LEAVE A REPLY